Home » » DEMO PENGOLAHAN KRUPUK JAGUNG DAN KACANG GULUNG

DEMO PENGOLAHAN KRUPUK JAGUNG DAN KACANG GULUNG

Jagung dan kacang merupakan bahan hasil pertanian yang bisa diolah menjadi beraneka macam olahan makanan misalnya kue, krupuk, selai, dan lain sebagainya. Desa Paoran merupakan sebuah desa yang mayoritas penduduknya petani, dan hasil pertanian yang banyak dan berpotensi untuk dikembangkan adalah jagung dan kacang. Oleh karena itu kami kelompok KKN 14 melaksanakan kegiatan demo pengolahan krupuk jagung dan kacang gulung.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pengolahan krupuk jagung dan kacang gulung. Karena permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adalah minimnya pengetahuan untuk mengolah jagung dan kacang sehingga masyarakat hanya menjual dalam keadaan mentah tanpa diolah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat juga mampu berwirausaha dengan mengoptimalkan bahan hasil pertanian Desa Paoran sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta ibu-ibu. Mereka sangat antusias dengan kegiatan ini. Bahkan ada beberapa peserta batahap pertama presentasi mengenai cara pembuatan kerupuk jagung dan kacang gulung yang diisi oleh Maghfiroh dan Luluk Mutmainah, kemudian tahap kedua praktek pembuatan kerupuk jagung dan kacang gulung oleh peserta dan didampingi oleh panitia, tahap ketiga presentasi terkait tentang cara pengemasan produk yang sudah jadi.
pak-bapak yang ikut serta dalam kegiatan ini, kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap,

Adapun cara pengolahan kerupuk jagung sebagai berikut :
-Menyiapkan pipilan jagung muda dan menghaluskan jagung
-Menghaluskan bumbu (Garam, Gula, Bawang merah, bawang putih, dan merica)
-
Mencampur bumbu, jagung yang telah dihaluskan dan tepung tapioca/kanji (Untuk ½ kg jagung,tepung tapioca yang digunakan sebanyak 1 kg) hingga menjadi adonan hingga kalis
-       Memasukkan adonan ke dalam plastik atau daun
-       Mengukus adonan ±2 jam
-       Mendinginkan adonan yang telah dikukus hingga mengeras
-       Mengiris adonan menjadi lembaran-lembaran yang seragam
-       Menjemur irisan hingga kering
-       Menggoreng krupuk hingga agak menguning dan siap dikonsumsi.


Sedangkan cara pengolahan kacang gulung :
-   Kacang digoreng hingga warna kecoklatan
-  Mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras, mentega, telur, garam, gula, penyedap rasa, air kapur hingga kalis.
-       Kemudian giling tepung yang sudah kalis sedikit demi sedikit setebal 2x3
-       Adonan yang sudah digiling dipotong persegi
-    Ambil kacang kemudian taruh disudut adonan yang sudah dipotong gulung, lakukan sampai adonan habis.
-       Goreng adonan yang sudah digulung hingga warna kecoklatan

-       Panaskan air dan gula hingga agak mengental, kemudian campurkan adonan yang sudah digoreng dengan larutan gula aduk hingga gula mengkristal.

0 comments:

Post a Comment